Saturday, February 4, 2012

PSEG 2011, Gadog, Bogor


Liburan semester ganjil tiba, dan seperti biasa acara Pra Studi Ekskursi Geografi (PSEG) kembali digelar. Tahun ini yang menjadi peserta ialah Mahasiswa Geografi Angkatan 2011 dengan panitia Mahasiswa Geografi Angkatan 2010. Lokasinya bertempat di salah satu lereng Gn.Pangrango di daerah Gadog, Bogor.
PSEG kali ini cukup berbeda dengan PSEG tahun-tahun sebelumnya dimana terdapat keunikan pada tempat pelaksanaannya. PSEG yang biasanya dilakukan di tempat yang cukup jauh dari peradaban kini mendekati wilayah berperadaban. Kegiatan yang berlokasi di ketinggian 930 mdpl tersebut berlangsung di area camping ground dengan fasilitas kamar mandi yang cukup banyak dan baik kondisinya. Selain itu tempat yang cukup luas dan datar dengan view pemandangan yang cukup bagus menjadikan tempat ini memang cukup cocok dengan acara camping besar macam PSEG.

Base camp area PSEG 2011
Diantara objek sekitar area yang cukup menarik adalah kuburan jerman. Kuburan tersebut merupakan makam para tentara jerman yang tewas dalam peperangan masa kolonial. Paling tidak itu yang diceritakan pada tugu yang tertulis disana. Saya juga tidak tahu pasti mengapa  sampai ada tentara jerman disana, tetapi yang saya tahu dahulu jerman sempat membantu jepang di indonesia yang merupakan kawannya saat perang melawan sekutu. Bentuk dari kuburan tersebut beciri khas salib besar yang begitu mencolok dengan warna putih yang berderet rapi. 

Situs Kuburan Jerman

Yang pasti PSEG 2011 telah selesai dan sudah melantik mahasiswa 2011 sebagai keluarga besar Geografi UI. Terimakasih kepada panitia yang sudah bekerja semaksimal mungkin, terimakasih kawan-kawan senior dan alumni yang sudah menyempatkan datang, dan selamat datang mahasiswa baru angkatan 2011. We Are Big Family of Geography UI

No comments:

Post a Comment